naruto

naruto

naruto

Selasa, 05 Juni 2012

Komunikasi

Cross-cultural Communication

Thursday, October 27, 2011
Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya dalam Bisnis

Semakin maraknya komunikasi lintas budaya tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dan itu juga semakin terbukanya kesempatan masuknya berbagai kegiatan bisnis dari suatu Negara ke Negara lain sehingga menjadikan komunikasi lintas budaya menjadi sesuatu yang penting di jaman sekarang ini.

Disamping itu, mengingat bahwa komunikasi lintas budaya berarti berhubungan dengan Negara lain yang memiliki hokum, adat istiadat, budaya, nilai kepercayaan yang berbeda – beda tentu nya akan ada kendala dalam melakukan komunikasi lintas budaya dalam bisnis.

Sebenarnya Indonesia sekarang ini pun sudah dalam era globalisasi dimana berhubungan penuh dengan Negara luar, contohnya semakin maraknya fastfood seperti Mc’Donald dan KFC, dan softdrink seperti coke. Agar hubungan dengan Negara lain tetap harmonis dan bisnis berjalan lancar, maka komunikasi lintas budaya akan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kehangatan suatu hubungan bisnis lintas Negara.

Ccara untuk mempelajari komunikasi lintas budaya adalah dengan mempelajari budaya Negara yang akan diajak kerjasama.

Ketika seseorang atau suatu perusahaan akan menjalin hubungan kerjasama dengan Negara lain,maka ia akan dapat berkomunikasi efektif bila mempelajari budaya Negara tersebut.

Contohnya : Jangan member hadiah alcohol pada orang Arab,di Spanyol berjabat tangan sampai tujuh kali dan bila menghentikan sebelum itu maka dianggap penolakan sedangkan di Prancis berjabat tangan cukup sekali ayunan tangan saja.Juga harus mempelajari bagaimana adat istiadat masyarakat Negara tersebut, konsep waktu, cara berpakaian

Selain dari sifat dan fisik luar, juga harus tahu budaya bisnis Negara lain yang kita tuju. Contohnya orang Amerika bila bernegoisasi bisnis, mereka lebih melihat langsung tujuan bisnis dan memegang teguh system kepercayaan, orang China dan Jepang lebih suka untuk mengenal kehidupan pribadi terlebih dahulu

Tapi di masa yang akan datang,kemungkinan dari budaya ini bisa berubah karena sifat dari kebudayaan adalah dinamis, budaya ini akan berubah dari waktu ke waktu.

0 komentar:

Posting Komentar